Kesan & Pesan

Berikut adalah Kesan & Pesan dari anggota kelompok ini setelah melakukan kegiatan penanaman

Alvin Haryanto :

Menurut saya kegiatan ini bisa membuat saya lebih peka terhadap lingkungan saya. Indonesia dulu adalah paru-paru dunia, tapi polusi semakin membuat kotor negeri ini. Dengan melakukan kegiatan penanaman seperti itu, kami bisa belajar sedikit demi sedikit cara untuk membuat Indonesia bersih lagi. Terima kasih kepada teman-teman saya, dosen saya bapak Linus, dan seluruh anggota pengurus lingkungan tempat kami menanam atas kesediaannya memberi kami kesempatan untuk menanam di taman Griya Kebayoran.

Suhanto :

dari adanya acara/tugas ini saya merasa lebih mencintai alam yang ada di lingkungan sekitar untuk tetap perduli akan kelestarian lingkungan yang di jaman ini jarang sekali melihat tumbuhan2 di sekitar kota karna keterbatasan ruang, dan saya merasakan bagaimana kedekatan teman2 yang berpartisipasi akan cinta lingkungan ini dengan menanam pohon. pesan saya, sebagai warga kota atau suatu daerah kita harus bisa melestarikan lingkungan minimal kesadaran akan pentingnya lingkungan sekitar agar kelestarian alam tetap terjaga walau jaman makin lama makin maju jangan sampai merusak lingkungan. terima kasih.

Jacky Wijaya :

setelah melakukan kegiatan ini, saya menyadari bahwa hikmah yang bisa diambil dari kegiatan ini, menjadikan saya sebagai orang yang lebih teliti dan lebih peduli dengan lingkungan sekitar, mengajari saya bahwa menjadi yang terbaik harus dimulai pelan-pelan melalui pembangunan karakter yang dengan penuh perhatian. bekerja sama dengan rekan-rekanku untuk menyelesaikan masalah, membantu saya meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan sesama lain, menjadi lebih peka, dan masih banyak lagi. menurut saya, kegiatan ini sangatlah berarti buat saya demi membangun karakter saya.

Melinda Tanoto :

Kegiatan CB-kewarganegaraan yang saya lakukan di jalan kangkung kebayoran lama bersama dengan kelompok ini sangat berkesan bagi saya pribadi, karena dari kegiatan ini saya mulai belajar untuk lebih peduli dengan lingkungan dan sesama, mungkin untuk sebagian orang merawat lingkungan adalah hal yg kecil dan sepele, tapi setelah menjalaninya, saya sadar bahwa kegiatan ini tidak sesimpel yang dibayangkan. and im glad we had this project, saya dapat teman sekelompok yang baru dan kita berbaur sama-sama buat nanam pohon. dari kegiatan ini saya belajar buat bekerja sama dengan orang sekelompok saya untuk mencapai tujuan kami bersama dlm project ini.
sekian terima kasih.

Laili Alvi Fahira :

menurut saya kegiatan ini sangat memiliki dampak yang besar bagi saya maupun lingkungan yang ditanami. saya merasa hal kecil (menanam pohon dan merawatnya) sangat penting bagi bumi kita dimasa yang akan datang. Dengan kondisi saat ini yang banyak polusi dan gersang sangat dibutuhkan orang-orang yang peduli dengan lingkungan. saya berharap kegiatan ini terus dilanjutkan agar bumi tetap terjaga dan kita juga lebih sadar untuk menjaga tentang lingkungan sekitar.

Laksamana Timothy :

Pertama kali saya dapat tugas seperti ini, saya merasakan kedekatan dengan kedekatan saya dan teman-teman dimana yang dulu bukan siapa-siapa sekarang menjadi saudara. Pengalaman kegiatan ini juga memberi pelajaran ke saya untuk memelihara lingkungan, ketika saya menanam pohon ini saya merasakan perasaan untuk menjaga tanaman ini, kebayang jika saya merusak tanaman saya. Untuk itu saya bertrima kasih kepada Dosen saya Pak Linus yang sudah memberikan tugas ini dan memberikan saya pengalaman akan cara merawat lingkungan dengan teman-teman saya. Sekali lagi Terima Kasih.

Karima Ahmad Baasyim :

Menurut saya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa untuk dapat peduli dengan alam dan lingkungan sekitar. Di sela waktu kuliah yang padat, kegiatan ini juga dapat membuat mahasiswa menjadi disiplin dengan dapat membagi waktu sebaik mungkin serta meningkatkan kecintaan nya terhadap kelangsungan alam sekitar.
Pesan saya, semoga kegiatan positif ini dapat terus ditingkatkan dan dapat ditanamkan kepada tiap mahasiswa bahwa untuk menjaga lingkungan merupakan suatu kewajiban bukan hanya karena tuntutan tugas semata.

Muhammad Hanif Dwiantoro :

dari adanya kegiatan ini, saya menyadari bahwa pentingnya kita melestarikan lingkungan untuk menangkal polusi yang sudah hampir menyelimuti bumi. dan dengan dilaksanakannya kegiatan ini oleh mahasiswa, kami sebagai generasi pelanjut bangsa akan semakin sadar bahwa adanya hubungan mutualisme antara manusia dan lingkungan.
pesan saya adalah untuk tetap mempertahankan kegiatan positif ini demi kepentingan bersama agar generasi selanjutnya juga akan ikut tersadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan guna kehidupan yang nyaman dan sehat. terima kasih.

Christian Sunjaya Niwarlingga :

Jakarta adalah salah satu tempat yang sangat berpolusi. Melalui kegiatan ini, saya menyadari bahwa melestarikan lingkungan adalah sesuatu yang sangat penting, karena mempengaruhi kenyamanan dan keamanan bersama dimana kita tinggal. Kemudian, saya juga dapat mengerti bagaimana cara untuk menanam dan merawat tanaman. Selain itu juga, saya juga dapat bertemu dengan orang-orang baru dan melakukan interaksi dengannya, hal ini membuat kemampuan bersosialisasi saya meningkat, dan membuat saya lebih mengerti tentang bagaimana kita sebagai manusia harus hidup berdampingan dan saling membantu satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Chrisaldy Diwanda Markus Pattiapon :


menurut saya dengan adanya kegiatan ini membantu mahasiswa/i untuk sadar dan peduli pada lingkungan sekitar dengan kata lain peduli akan penghijauan karena dengan hal itu dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan bumi serta diri kita sendiri untuk kedepannya atau di masa yang akan mendatang. dengan adanya kegiatan ini juga dapat memberikan nilai sosial yang baik dan juga kekeluargaan kepada mahasiswa/i dengan saling bergotong royong memelihara lingkungan sekitar.

Sekian Kesan & Pesan dari Kelompok kami, salam sejahtera.